Krupuk Ini Memang Enak Luar Biasa, Tapi Siapa Sangka Dibalik itu Ada Bahaya yang Mengancam Anda



Siapa Sangka Dibalik Gurihnya Kerupuk ini, Ada Segudang Bahaya yang Luar Biasa

 Anda penggemar berat kerupuk putih? Anda pasti tak bisa lepas dari kerupuk ini ketika sedang makan, namun sekarang anda harus hati-hati, karena ini bahayanya mengkonsumsi kerupuk tersebut.

Sebagian orang menyangka bahwa kerupuk putih lebih aman dimakan karena dinilai bebas zat pewarna. Namun pada prakteknya, kerupuk putih jauh lebih berbahaya dibandingkan kerupuk yang warna warni.

Dari berbagai kabar yang beredar di internet menyebutkan kerupuk yang berbahaya akan menyala saat dibakar. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tidak perlu dibakar pun kerupuk berbahaya akan menyala. Bukan nyala api tentunya, tetapi nyala dari pendar warna atau fluoresensi.

"Warnanya ngejreng, berpendar atau berfluoresensi," kata Kepala BPOM Lucky S Slamet dikutip dari laman Detik Health.

Lantas kerupuk putih bukankah tidak menggunakan pewarna? Ternyata bahaya kerupuk putih terletak pada proses penggorengannya. Pedagang biasanya mencampurkan plastik atu lilin ke dalam minyak panas agar kerupuk namapak putih bersih dan lebih tahan lama.

Dibandingkan dengan kerupuk berwarna, bahaya kerupuk putih lebih besar. Penambahan zat lilin atau plastik akan menimbulkan beberapa masalah sebagai berikut :

Merusak pencernaan
Lilin dan plastik yang ada pada kerupuk putih sangat sulit dan bahkan hampir tidak bisa dicerna. Dalam jangka waktu panjang, bahaya kerupuk putih dapat merusak usus dan lambung.

Pembususkan makanan yang penting
System penecernaan akan memprosess makanan berurutan dengan waktu masuknya ke dalam usus. Jika Anda mengkonsumsi kerupuk bersama makanan sehat, maka makanan sehat tersebut akan lama di cerna sehingga nutrisi baik di dalamnya akan hilang atau bahkan membusuk.

Rusaknya organ hati
Kandungan kimia lilin atau plastik dalam kerupuk putih akan dinetralisisr oleh hati. Namun jika kandungan polivynil chloride yang ada pada plastik berhasil masuk ke hati, hati akan mengalai kerussakan yang cukup parah.

Potensi gagal ginjal
Kandungan kimia dalam kerupuk putih tak hanya mengancam hati saja. Saat tubuh beruaha menetralisir kandungan kimia kerupuk putih, ginjal juga ikut berperan dalam proses penyaringan. Oleh karena itu, bahaya kerupuk putih juga menyangkut masalah gagal ginjal karena masuknya polivynil chloride dalam ginjal.

Merusak otak
Plastik menganndung senyawa styrene dan polysterine yang mampu menyerang syaraf pusat otak. Dalam jangka panjang, hal ini akan menimbulkan kekrusakan otak secara permanen.

Merusak hormone
Bahaya kerupuk putih lainnya adalah kerusakan hormone. Hormone yang berfungsi mengontrol kinerja organ nyatanya bisa rusak karena pengaruh polycarbonate dan bispherol A yang ada pada kerupuk putih berlilin.


Cara membedakan kerupuk putih berbahaya

Karena bahaya kerupuk putih sangat beragam, Anda harus tahu bagaimana cara membedakan kerupuk putih yang bahaya dan mana yang tidak. Kerupuk putih berbahaya umumnya memiliki warna yang lebih jernih dan tidak memiliki gelembung minyak dalam kerupuk. Jika diangin-anginkan, kerupuk putih berbahan kimia juga tak akan mudah mengempis. Jadi, akan lebih aman jika anda mengkonsumsi kerupuk gorengan sendiri atau memilih kerupuk dengan warna yang sedikit gosong.

Dari paparan tersebut tentulah tidak semua kerupuk berbahaya, hanya kerupuk yang memiliki ciri sebagaimana dijelaskan diataslah yang mengandung zat berbahaya. Yuk lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seorang Suami Melubangi Labu dan Memasukkan 4 Butir Telur, Setelah Direbus, Sang Istri Kaget dengan Hasilnya

Kamu Banyak Tumbuh Bola-Bola Ini? Hanya Modal Bahan-bahan Dapur Semua Bisa Dituntaskan! Ampuh

Rambut Anak Bunda Menjadi Sarang "Kutu", Pakai Saja cara Praktis ini Untuk Mengatasinya